Sabtu, 14 Januari 2012
menyetel klep motor
Menyetel Klep Motor Honda
Tips menyetel klep Sepeda Motor Honda
Ada kalanya Anda mecoba sendiri melakukan
penyetelan klep pada motor Anda, tapi perlu
diingat, bahwa setelan klep yang benar atau salah
akan mempengaruhi terhadap performa mesin
Sepeda Motor.
Berikut ini cara cara yang tepat menyetel klep pada
Sepeda Motor Honda.
1. Persiapkan alat-alat antara lain;
Obeng (-) besar
Kunci T 17 (untuk motor Supra X 125/Kharisma)
Kunci T 14 (untuk motor Supra Fit, Tiger)
Ring 8-9 (untuk motor tipe bebek)
Ring 10-11 (untuk motor tipe Sport)
Ring 17 (untuk motor tipe Sport)
Ring 24 (untuk motor tipe bebek)
Fuller gauge 1set
Valve Adjusting wrech (kunci klep)
2. Buka kedua tutup klep (In dan Ex) dengan
menggunakan kunci Ring 17(tipe bebek) atau Kunci
Ring 24(tipe Sport)
3. Awalnya posisikan agar kondisi valve bebas atau
posisi piston pada Titik Mati Atas (TMA), dengan
cara buka tutup magnet pada blok mesin kiri
dengan menggunakan Obeng (-) besar (ada 2 buah ),
pergunakan kunci Ring 14/17 untuk memutar poros
engkol berlawanan dengan jarum jam.
4. Sambil memutar poros engkol, perhatikan pada
saat valve In bergerak, lihat pada lubang kecil di
blok magnet, posisikan tanda T pada garis lurus di
lubang kecil blok magnet.
5. Kemudian pegang dan gerak-gerakkan kedua
klep untuk memastikan keduanya sudah dalam
posisi bebas.
6. Jika langkah diatas sudah benar, maka lakukan
penyetelan valve dengan ukuran untuk tiap-tiap
motor sbb;
Tipe Sport (Tiger,Mega Pro,GL Pro,Phantom) ukuran
= 0,10mm (±0,01mm).
Tipe Bebek (Supra Fit, Grand, Legenda, Supra X,
Win, GL 100) ukuran celah klep = 0,05mm
(±0,01mm).
Tipe Bebek (Supra X 125, Kharisma, Kirana) ukuran
celah klep = 0,03mm (±0,01mm)
Tipe Matik (Vario) ukuran celah klep ( Klep In :
0,15mm (±0,01mm) Klep Ex : 0,26mm (±0,01mm) )
Cara penyetelannya adalah, kendorkan mur
pengikat tappet adjuster (baut stelan klep) dengan
menggunakan Ring 8-9 / 10-11
7. Lalu letakkan Fuller gauge sesuai ukuran celah
klep kedalam ujung batang klep, putar tappet
adjuster(baut stelan klep) sampai terasa apabila
fuller gauge di tarik terasa seret dan apabila
didorong tidak bisa.
8. Kemudian keraskan lagi mur stelan klep dan cek
ulang hasil stelan klep tadi, sampai hasilnya tepat,
(bila fuller gauge terasa ditarik seret dan di dorong
tidak bisa)
9. Tutup kembali semua komponen yang tadi
dibuka kemudian rasakan hasilnya.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar